WORKSHOP PUBLIC SPEAKING & COMMUNICATIONS SKILL (FULL PRAKTIK)

PENDAHULUAN

I. Pentingnya Keahlian Berkomunikasi

Manusia yang sukses berinteraksi dan bekerjasama adalah manusia yang sukses sebagai komunikator. Manusia yang sukses sebagai komunikator adalah manusia yang pola dan cara berkomunikasinya efektif dan efisien. Manusia yang efektif dan efisien dalam berkomunikasi, adalah manusia yang seluruh elemen komunikasinya berfungsi dengan baik dan benar.

II. Pentingnya Keahlian Berbicara

Alat komunikasi terbaik yang dimiliki manusia adalah berbicara. Sebab, berbicara memiliki tingkat efisiensi dan efektifitas yang paling tinggi. Berbicara tidak dapat dilakukan hanya dengan membuka mulut dan bersuara. Berbicara memiliki pola dan cara yang berbeda-beda. Berbicara tidak dapat dilakukan hanya dengan asal bicara. Berbicara, harus jelas dan dapat dimengerti. Berbicara untuk pergaulan berbeda dengan berbicara untuk karir, profesi dan bisnis. Berbicara formal tidak sama dengan berbicara informal.

III. Pentingnya Keahlian Public Speaking & Communications Skill

Kemampuan berbicara secara formal, bukan bahasa sehari-hari, bukan bahasa pasaran, bukan bahasa pergaulan, melainkan bahasa karir, bahasa bisnis, bahasa profesi, bahasa resmi. Bahasa resmi menuntut porsi terbesar dalam berkomunikasi sehari-hari. Bahasa yang mencerminkan keseriusan. Bahasa yang mencerminkan pentingnya pencapaian tujuan. Bahasa itu, adalah Bahasa Public Speaking. Bahasa untuk berbicara kepada orang banyak. Bahasa yang tidak diperoleh sejak lahir. Bahasa yang hanya dikuasai oleh sebagian besar dari kita.

Itulah sebab utama, mengapa banyak sekali orang mengalami rasa gugup dan takut saat harus berbicara di depan orang banyak, saat harus melakukan public speaking. Rasa gugup dan takut yang muncul, karena kita tidak terbiasa dan tidak pernah secara sengaja memahami dan mempelajari fenomena public speaking.

Workshop Public Speaking & Communications Skill

Setiap profesional sangat menyadari bahwa kesuksesan mereka amat tergantung pada kemampuannya dalam komunikasi bicara. Ada banyak sekali format berbicara yang kita lakukan setiap hari. Diantaranya dalam melakukan presentasi, memimpin rapat, pidato, menjual gagasan, bernegosiasi, memotivasi rekan kerja, menyampaikan keluhan, handling compliant dan lain sebagainya. Aktivitas berbicara itulah yang kemudian memberi efek kepada keberhasilan atau bahkan mungkin kegagalan. Ada “kekuatan” (positif atau bisa juga negatif) didalam setiap bentuk pembicaraan tsb.

Seringkali terjadi bahwa komunikasi yang telah dibangun menjadi kurang efektif ketika penyampaiannya kurang sesuai dengan individu yang menerima pesan. Hal ini tentu saja akan mengakibatkan pesan yang disampaikan oleh satu individu pada individu/kelompok yang lain menjadi tidak berguna.

Berbicara didepan publik bukanlah sesuatu yang mudah. Banyak orang dengan tingkat pengetahuan dan kepandaian yang tinggi tapi ketika harus berhadapan dengan publik, ia mendapat kesulitan. Padahal dalam kehidupan bermasyarakat maupun pekerjaan hal tersebut sangat diperlukan.

Sayangnya ketrampilan bicara ini jarang kita upgrade. Kita terlalu terbiasa memakai bahasa bawaan yang kita miliki selama ini dan jarang melatihnya untuk tujuan-tujuan khusus. Padahal kemampuan ini tidak diperoleh sejak lahir. Ia adalah hasil dari sebuah proses belajar. Ia membutuhkan sebuah keahlian !.


TUJUAN WORKSHOP

Setelah mengikuti workshop ini, peserta diharapkan ;

  • Memahami dan mengerti mengapa rasa gugup dan takut berbicara bisa muncul dan mengapa ia menjadi penghambat kesuksesan presentasi
  • Mampu melatih dan mempercepat proses pembelajaran untuk menumbuhkan dan meningkatkan kepercayaan diri ke tingkat yang maksimal, untuk kesuksesan berbicara, berkomunikasi dan presentasi
  • Menangani berbagai perasaan, pemikiran dan kepercayaan yang menjadi hambatan dalam proses berkomunikasi dan berbicara atau presentasi
  • Berpikir rasional dan tampil total dalam berbicara, dengan memahami keterkaitan antara kemampuan berbicara, dan keterkaitannya dengan efiensi dan efektifitas pencapaian tujuan pekerjaan/tugas dinas instansi.
  • Memahami dan mengerti berbagai gejala ketakutan dan kegugupan berbicara, mencakup perasaan, gejala fisik dan fisiologis, emosi dan pikiran, persepsi, dan pengaruh hipnosis atau persuasif bahasa lisan yang melatar belakanginya


MATERI WORKSHOP

Sessi 1 :

  • Psikologi Komunikasi
  • Public Speaking & Communications Skill
  • Mengatasi rasa takut, block situation & ice breaking
  • Gangguan & cara mengatasinya (problem solving)
  • Menggunakan gesture/body language & alat bantu

Sessi 2 :

  • Aspek 3V : Verbal – Vokal – Visual
  • Content – Bahasa – Rasa – Efek
  • Confidence & Retorika
  • Powerfull Listening

Sessi 3 :

  • Teknik & Praktik Public Speaking 1 (Dasar)
  • Teknik & Praktik Presentasi 1 (Dasar)

Sessi 4 :

  • Teknik & Praktik Public Speaking 2 (Terampil)
  • Teknik & Praktik Presentasi 2 (Terampil)

Contact Us :
Silakan Isi Form dibawah ini :